Optimalisasi Otak Bagian Kiri Dan Bagian Kanan Sesuai Tahapan anak

Rabu, 03 Desember 2014


Optimalisasi Otak Bagian Kiri Dan Bagian Kanan Sesuai Tahapan anak
A.    Fungsi otak kiri dan otak kanan.

         Manusia memiliki dua belah otak besar yang masing-masing mempunyai karakter yang berbeda-beda,namun dalam kenyataan sehari-hari,dalam pendidikan formal dan dalam penanaman nilai moral dalam masyarakat, kebanyakan orang seolah-olah hanya punya satu sisi paradigma yang baku,yaitu rasional,logis dan matematis, atau yang menjadi karakter belahan otak kiri,sedangkan untuk belahan otak kanan sering dianggap tidak penting untuk diberikan stimulus yang baik dan benar sehingga sering diabaikan dalam mengoptimalisasikan perkembangan otak, seperti music,cinta,budi pekerti,bahkan agama.
           Dalam kehidupan kita tahu otak kiri dan otak kanan haruslah seimbang agar lahir dan batiniah juga seimbang sehingga kebahagiaan dalam kehidupan dapat kita temukan,begitupun dengan anak-anak , jangan kita sebagai calon pendidik hanya menitik beratkan kepintaran seorang anak dari segi matematika dan sainsnya saja tetapi seni,budipekerti dan nilai-nilai sosiaol diabaikan sehingga anak-anak yang pandai dibidang seni dianggap biasa-biasa saja,padahal itu juga merupakan suatu kemampuan. berkemungkinan ia memiliki kemampuan yang lebih dibidang seni mungkin agak kurang dibidang matematis atau sebaliknya.karena kemampuan setiap manusia berbeda-beda.
        Mengoptimalkan fungsi otak adalah suatu keharusan jika kita ingin mengeluarkan potensi diri kita semaksimal mungkin,dengan cara memberikan stimulus yang dapat merangsang kerja otak, otak adalah organ yang paling canggih dalam tubuh manusia yang selalu dinamis,salah satu kecanggihan otak adalah mampu tumbuh dengan kecepatan tinggi saat masih bayi, sehingga sampai pada tahap akhir dimana terbentuklah otak kiri dan otak kanan, yang mempunyai kemampuan berbeda tetapi bekerja sama secara harmonis,selaras dan saling berkomunikasi.
Right brain functional
Left brain functional
·         Insight
·         Imagination
·         Spiritualisme
·         Kesenian (gambar,music,melukis dll)
·         Emosi, Feeling (Perasaan)
·         Pusat visualisasi dan kreativitas
·         Body control
·         Wholistic (Menyeluruh)
·          Intuition (Faham tanpa berpikir)
·         Arts /Motor Skill (Seni)
·          Rhythm (Irama)
·         Tune of songs (Irama dalam lagu)
·         Non Verbal (Tanpa perkataan)
·         Think of Picture (Berpikir dengan gambar)
·         Holistic-intuitif
·         Perbedaanr
·         Tidak bergantung waktu
·         Spasial global
·         Day dreaming (Angan-angan)
·          Imagination (Imajinasi) dan difergen
·         Numeric skill (kemampuan berhitung )
·         Spoken language (kemampuan bicara )
·         Science cavity skill
·         Body control
·         Analysis (Analisis)
·         Linear (Garis)
·         Language (Bahasa)
·          Word of Songs (Kata-kata dalam lagu)
·         Verbal (Perkataan)
·         Facts (Kenyataan)
·         Think of Words (Berpikir dengan kata-kata)
·         Computation (Perhitungan)
·          Logic ( Logika),anaalitis
·         Persamaan
·         Bergantung waktu
·         segmental
·         Pikiran konvergen
   Jadi, sebenarnya manusia tidak bisa bila hanya menggunakan suatu belahan otak saja pada saat berfikir atau mengerjakan sesuatu.Untuk bisa mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, kita harus mengoptimalkan penggunaan kedua belahan otak kita, yaitu otak kiri dan kanan secara bersamaan.
Semua individu menggunakan kedua belahan otak secara bersamaan dan bergantian dalam kehidupan sehari-hari dan dalam membuat keputusan,namun
demikian ada dua jenis individu yang berbeda pola fikir dan perasaannya,yang pertama adalah individu yang cendrung lebih banyakmenggunakan pola otak kiri dan individu yang cendrung lebih banyak menggunakan otak bagian kanan.
    Contohnya adalah kemampuan matematika tidak hanya melibatkan area-area dilobus frontal kiri,namun juga area lobus parietal kiri dan kanan,lobus parietal kiri diperlukan untuk menghitung jumlah yang pasti dengan menggunakan bahasa (2 dikali 5 sama dengan 10 ).lobus parietal kanan diperlukan untuk melakukan pembayangan secara visual seperti 2 permen untuk 5 orang anak jadi dalam pembuatan grafik,garis angka,menghitung secara kuantistas atau besarnya jarak, dua dikali lima lebih besar dari dua dikali Sembilan.
Pengoptimalisasian otak kiri dan otak akan akan semakin berkembang dengan bekerja saling terintegratif adalah perlu untuk menstimulasi :
·         korpus kolosum  yang menjadi jembatan antara kedua belahan yang terdiri dari jaras saraf berjumlah sekitar 300 juta.
·         Komisur hipokamus : yang menghubungkan kedua belah sistim limbic yang berfungsi sebagai pusat emosi
Dengan kedua belahan otak dapat saling bekerja,berkonsultasi dan berkomunikasi.

B.     Mengoptimalisasikan otak kanan
Seperti yang bisa kita lihat dari fungsi otak bagian kanan,dengan mengetahui hal itu kita sebagai calon pendidik atau orang tua perlu memberikan stimulus-stimulus yang dapat merangsang perkembangan otak kanan anak,dapat yang dapat dilakukan adalah :
1.     Menggunakan Musik
      Musik tentunya adalah Sesutu yang dekat dengan kehidupan manusia. Music merupakan ekspresi perasaan manusia, sehingga biasanya manusia menyukai music karena hal seperti itu mereflksikan perasaannya, dan hal itu membuat manusia menjadi senang,dan nyaman. Hal inilah yang mugkin membuat manusia menyukai music dan menjadikan music bagai dari hidupnya.
Music menimbulkn emosi positif bagi kita dan anak yang membuat otak kita lebih efektif. Emosi yang positif  mendorong kearah kekuatan otak, yang berujung kepada keberhasilan, sehingga anak memperoleh kehormatan diri yang lebih tinggi, yang membuat emosi menjadi lebih positif.
Kita contoh saja dalam belajar anak, anak dapat erfikir sambil mendengarkan music yang memmang disukai. Dengan mendengarkan music membuat ank merasa senang,relaks sehingga merangsang fungsi belahan otak kanan,yang akan membantu dalam proses belajara yang menggunakan belahan otak kiri.
                             
2.     Menggerakkan kedua bagian tubuh dengan sama baiknya.
    Agar otak anak dapat berfugsi secara optimal dalam arti kta mengfungsikan kedua belah otak tersebut, maka penting sekali untuk menjagarkan anak menggerakkan kedua bagian tubuhnya dengan sama baiknya. Misalnya tidak selalu menulis dengan tangan kanan,dan sama sekali tidak memberikan latihan pada tangan kiri untuk beraktivitas.
    Menggerakkan seluruh anggota tubuh baik pada bagian kanan,maupun pada bagian kiri akan terasa mudah apabila itu dilakuka konteks dalam berolahraga untuk anak. Senam misalnya, merangsan seluruh bagian tubuh untuk bergerak dan hal baik untuk otak karena merangsang berfungsinya kedua belah otak baik otak kiri,maupun otak kanan.
3.     Kondisi yang nyaman untuk anak.
Dengan menciptakan kondisi yang nyaman,relaks sehingga otak dapat bekerja secara lepas dan bebas.yaitu berupa pemberian pemberian lingkungan psikologis yang baik seperti :
Keamanan psikologis berupa :
a.       Orang tua atau guru berperan sebagai fasilitator yaitu menfasilitasi proses pembelajaran yang berlangsung di kelas maupun dirumah . Dalam hal ini, peserta didik harus berperan aktif dan bertanggung jawab terhadap hasil pembelajaran. Karena sebagai fasilitator, maka posisi peserta didik dan pendidik adalah sama.
b.      Menerima individu sebagaimana adanya dengan segala kelabihan dan keterbatasannya.
c.       Mengusahakan suasana didalamnya tidak mengandung efek mengancam Evaluasi selalu mengandung efek mengancam yang menimbulkan kebutuhan akan pertahanan ego.dan suasana pembelajaran seaman dan seindah mungkin sehingga anak betah belajar.
d.      Memberikan pengertian secara empatis yaitu Dapat menghayati perasaan-perasaan anak, pemikiran-pemikirannya, dapat melihat dari sudut pandang anak dan dapat menenrimanya, dapat memberikan rasa aman.
Kebebasan psikologis
Apabila guru mengijinkan atau memberi kebebasan kepada anak untuk mengekspresikan secara simbolis (melalui sajak atau gambar) pikiran atau perasaannya. Ini berarti mebrei kebebasan dalam berfikir atau merasa apa yang ada dalam dirinya

4.     Olahraga
Olahraga merupakan alternative yang sangat baik. Karena olahraga membuat fisik anak, lebih sehat dan dengan berlahraga anak dapat membiasakan menggerakan seluruh anggota badan anak baik, bagian kiri,maupun bagian kanan dengan kecepatan tinggi.
5.     Merangsang kemampuan mengontrol diri dan melatih stabilitas emosi anak,
misalnya dengan memberikan pengertian pada anak saat keinginannya ditolak atau gagal mencapai sesuatu, dengan demikian anak belajar mentoleransi dan beradaptasi dengan rasa kecewa.
6.     Mengajak anak melakukan permainan yang membutuhkan banyak gerak fisik,
misalnya : bersepeda, kejar-kejaran, berenang dll, agar anak terlatih menggerakkan anggota badannya secara tepat dan terarah.

7.     Melatih kepekaan rasa makanan dan memilih makanan yang paling disukai/kurang disukai.
Orang tua juga dapat mengajak anak bersama-sama menyiapkan makanannya. Semakin banyak anak mengenal rasa, jenis dan manfaat makanan, maka anak akan semakin kreatif dan mampu beradaptasi dengan berbagai cita rasa makanan.
C.    Mengoptimalisasikan otak bagian kiri
Karena otak bagian kiri lebih dititik beratkan kepada hal-hal matematis dan sains maka cara mengoptimalisasikan otak bagian ini adalah :
a.       Meminta anak mengulang kata-kata baru ( verbal), kemudian lakukan tanya jawab. Dengan demikian anak dibiasakan untuk berpikir dan mengingat apa yang baru dipelajarinya.
b.      Berikan permainan yang bersifat matematis atau sains, berupa pazzel, bermain dengan balok,menuang pasir air dll.sehingga membantu dia untuk menganalisa.
c.       Sesekali orang tua membaca dan anak mendengarkan, kemudian anak ditanyai tentang materi yang baru didengarnya, untuk membiasakan anak memahami hal-hal yang didengarnya dengan cepat.sehingga mengaju anak untuk spoken language  atau kemampuan bicara
d.      Bermain tebak-tebakan bentuk atau warna sambil makan atau menonton televisi, sehingga anak bisa belajar dalam suasana gembira.
e.       Mengajak anak bermain dan mengamati, lalu ajak berbincang-bincang mulai dari masalah yang sederhana sampai yang rumit, misalnya mulai mengamati gunung, mengapa gunung tampak biru dari kejauhan, atau mengamati mengapa kapal laut akan hilang dari pandangan saat semakin jauh dari pantai, dsb.sehingga kemampuan analisa dan logikanya berkembang

Jadi,jika ingin mengoptimalkan otak kiri dan otak bagian kanan maka berikanlah stimulus diatas secara seimbang agar perkembangan otak bagian kiri dan bagian kanan dapat seimbang contoh : dalam pembelajran anak sedang berkonsentrasi dalam pembelajaran berhitung agar relaks ajak anak untuk melakukan gerakan braingym dan gerakan senam lainnya,atau ajak untuk mendengarkan music,puisi dal lainnya.
D.    Peran gizi,nutrisi,istirahat,dan focus untuk pengoptimalisasian otak anak.
·        Peran gizi bagi pengoptimalisasian otak anak
Pertumbuhan otak paling cepat terjadi pada saat janin berusia 30 minggu sampai bayi berusia 18 bulan(disebut fase cepat tumbuh otak).Ketika lahir jumlah sel otak sudah mencapai 66% dan beratnya mencapai 27%. Gizi yang penting bagi kesehatan anak adalah asam lemak yang bersama dengan kolestrol membentuk 75% pembungkus saraf otak. Beberapa jenis mineral juga diketahui bermanfaat untuk perkembangan otak misalnya seng dan besi.
Kekurangan zat besi pada anak menyebabkan anak kurang responsif dan kurang inisiatif sehingga mengganggu kecerdasan anak. Sumber seng terutama terdapat pada makanan dari laut, sedangkan besi terdapat pada makanan dari hewani seperti daging dan hati.
Kedua jenis mineral ini daya serapnya rendah, sehingga  bila pola makanan kurang baik perlu suplemen luar.
Keadaan  gizi kurang atau lebih pada anak mengakibatkan pertumbuhan yang menyimpang dari standar normal. Hal ini terlihat dengan jelas pada berat badan anak.
·        Nutrisi kecerdasan otak untuk anak
Agar sikecil tumbuh sehat dan cerdas, maka kebutuhan yang diperlukan antara lain:
a)      ASI
ASI terbukti mengandung asam lemak yang dibutuhkan otak untuk bisa berkembang. IQ bayi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak diberikan ASI. Pada saat anak diberikan makanan padat, kebutuhan asam lemat itu bisa dipenuhi dengan memberikan ikan, telur bebek, susu yang diperkaya DHA dan ARA ,atau minyak jagung.
b)      Karbohidrat adalah bahan bakar otak glukosa
Merupakan bahan bakar otak  yang amat penting agar otak berfungsi optimal. Proses pengolahan informasi dan mengingat dapat berjalan dengan baik karena terpenuhinya kebutuhan glukosa otak tersebut. Ini semua bisa bidapatkan dengan memberikan anak berbagai jenis kacang-kacangan, kentang, pisang, sawo, singkong,dll.
c)      Protein pembentuk Neurotransmiter
Pembentuknya adalah Senyawa asam amino yang berperan terhadap proses pengolahan informasi di otak.
d)     Jus apokat dan susu
Apokat kaya akan kandungan B Kompleks yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat anak. Buah ini juga mengandung vitamin A, C, E yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.
e)      Jus  Stoberi kaya akan vitamin C
yang dapat membantu mengembangkan saraf-saraf pengirim pesan ke otak.Dengan mengkonsumsi stroberi secara teratur akan membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.
·        Istirahat bagi otak
Sama seperti organ tubuh lainnya, otak membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk bisa beroperasi secara optimal. Itulah sebabnya pelajar yang menggunakan cara SKS (Sistem kebut semalam) tidak akan bisa mencapai hasil pembelajaran yang maksimal karena kondisi otak yang sangat lelah.
Waktu tidur sangat bergantung pada usia.Rata-rata bayi atau anak kecil tidur selama 14 jam dalam sehari.
·        Rentang fokus yang optimal
Otak kita tidak dapat dipaksa untuk melakukan fokus dalam waktu yang lama, contohnya untuk anak usia 5 tahun rentang fokus yang bisa dilakukannya hanya 5 menit. Untuk orang dewasa yang berusia 24 tahun, maka fokus optimalnya 24 menit, jadi agar otak dapat bekerja secara optimal maka diperlukan istirahat  misalnya dengan mendengarkan musik, jalan-jalan,agar otak mendapatkan penyegaran secara maksimal.
Adapun tahapan perkembangan kemampuan balita usia 1 hingga 3 tahun di antaranya adalah sebagai berikut:
1.      Pada usia 13-15 bulan, balita sudah berminat pada gambar, mengambil mainan sendiri, berceloteh dan mampu meniru kegiatan orang lain.
2.      Pada usia 16-18 bulan, balita bisa mengucapkan kata-kata yang lebih banyak, menemukan mainan yang disembunyikan, dan mengerti fungsi benda.
3.      Pada usia 19-24 bulan, balita sudah memahami konsep sederhana bentuk benda ( seperti segitiga dan persegi), menyebut nama sendiri, serta mengucapkan satu kalimat.
4.      Pada usia 2-3 tahun, balita sudah dapat mencocokkan bentuk, membangun dan menghubungkan balok, berpakaian sendiri, dan semakin memahami kata-kata orang lain.

Kemampuan ini harus di optimalkan dengan cara stimulasi. Stimulasi akan mempengaruhi pertumbuhan sinaps (proses sinaptogenesis) dan membutuhkan banyak sialic acid untuk membentuk gangliosida. Hal ini penting untuk kecepatan proses pembelajaran dan memori. Kebutuhan stimulasi bermain meliputi berbagai permainan yang merangsang semua indra (pendengaran, penglihatan, sentuhan, memau, mengecap),merangsang gerakan kasar dan halus, berkomunikasi, emosi-sosial, kemandirian, berpikir, dan berkreasi. Kebutuhan stimulasi bermain sejak dini akan besar pengaruhnya pada berbagai kecerdasan anak (multiple intelegensi).
Selain stimulasi, nutrisi juga merupakan factor yang penting. Dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak di dalam kandungan sampai umur 3 tahun, maka akan semakin banyak jumlah sel-sel otak bayi, semakin bagus kualitas percabangan sel-sel otak, dan semakin bagus fungsi hubungan sinaps antara sel-sel otak bayi dan balita. Salah satu nutrisi yang penting bagi perkembangan otak adalah asam amino. Asam amino akan membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsang (zat neurotransmitter) pada sambungan sel saraf.



E.     Melatih kemampuan koordinasi otak anak
       Berapapun usia seorang anak , bisa mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan kesuksesan mereka dalam kehidupan. Dengan mengajari aktivitas yang berkontribusi untuk perkembangan otak mereka, orang tua dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk menjadi sukses dalam hidup. Dengan demikian, anak-anak akan mendapatkan banyak kesempatan untuk meraih keberhasilan, sehingga mereka menjadi percaya diri, positif dan optimis.
    Salah satu cara mendorong perkembangan otak anak adalah dengan melatih kemampuan koordinasi otak kiri dan otak kanan mereka. Banyak penelitian yang menemukan bahwa otak kiri manusia bertanggung jawab untuk hal-hal yang sangat berbeda dengan otak kanan. Penelitian membuktikan bahwa pada setiap orang, hanya satu dari kedua belahan otak ini yang memegang peranan dominan. Telah berulang kali disebutkan bahwa otak kiri adalah otak yang menganalisis, bertanggung jawab untuk pengukuran, logika, matematika. Adapun, otak kanan bertanggung jawab untuk kreativitas, seni, intuisi, dan penggunaan kata-kata . penelitian ini juga menunjukkan bahwa sangatlah penting untuk meningkatkan komunikasi atau hubungan di antara dua belahan otak ini. Jika kita melakukan hal ini, kita melakukan fungsi otak kita.
   Aktivitas yang telah terbukti meningkatkan hubungan belahan otak adalah aktivitas yang menggunakan kedua bagian tubuh secara bersamaan. Pola bersilang yang kita gunakan saat berjalan atau berenang dan bayi gunakan ketika merangkak, mengembangkan dan menguatkan hubungan diantara belahan otak. 
   Cara Meningkatkan Kinerja Otak Kanan dan Otak Kiri.
Otak kita adalah sebuah superkomputer seberat 1,5 kg. Sebagai pusat kontrol yang mengendalikan hidup anda, otaklah yang menentukan bagaimana cara anda berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. Otak anda jauh lebih rumit dari komputer apapun dengan 100 juta milyar sel otak yang saling berhubungan satu sama lain.
   Otak manusia mulai bekerja saat berfikir atau menerima stimulus sesuatu dimana itu ditangkap oleh pancaindra yang kemudian merangsang saraf untuk menghubungkannya dengan bagian penyimpanan memori ddiotak kita,keinginan yang terkumpul dan terakumulasi disebut dengan fikiran,pikiran ini kemusian memberi komando pada bagian-bagian tubuh motorik untuk menyatakan diri,mereleasasikan diri,dan eksisis dalam aktivitas kehidupan, dan berlanjut terus menerus setiap detik tanpa henti.Mengoptimalkan fungsi otak adalah suatu keharusan agar anak  mengeluarkan potensi dirinya semaksimal mungkin. Dan sementara anak berolahraga, seringkali latihan mental menjadi terlupakan. latihan mental memiliki efek positif dan global pada otak anak. Dan cara untuk melakukannya :
1)      Berlari untuk Sel Otak
Para peneliti mengatakan bahwa orang yang melakukan banyak latihan fisik mungkin memiliki otak yang lebih baik. Peneliti di Salk Institute menemukan bahwa tikus yang suka berlari pada roda latihan mengalami pertumbuhan sel-sel baru dua kali lebih banyak pada otak daerah memori dan belajar. Para peneliti belum yakin dengan penyebabnya tetapi ada kemungkinan bahwa hal ini dikarenakan oleh latihan fisik yang tidak dipaksakan. Yang artinya, dengan menemukan cara untuk menikmati olahraga daripada terpaksa melakukannya dapat membuat anak menjadi lebih pintar juga. Jadi lakukanlah olahraga yang  digemari, lari pagi dengan musik atau fitness ringan untuk anak AUD untuk lebih menyegarkan otaknya.
2)      Mencoba Hal Baru
Pakar neurobiology dari Duke University, professor Lawrence C. Katz, Ph.D mengatakan bahwa menemukan cara baru dalam berpikir dan mencoba berbagai hal baru dapat meningkatkan fungsi dari daerah otak yang kurang aktif. Ini didapatkan anak-anak melalui permainan yang ia lakukan setiap hari sehingga hal ini menurut sebagian peneliti dapat menghubungkan sel saraf yang belum tersambung.
3)      Bertanya
Biasanya anak-anak sangat aktif dalam bertanya.kita dapat menstimulusnya dengan memberikan hal-hal baru pada anak. Dimana  Otak anak menjadi terlatih dengan mencoba mencari solusi dan otak akan lebih aktif.
4)      Tertawa
Peneliti mengatakan bahwa tertawa baik untuk kesehatan. Tanpa peneliti harus memberitahu, seumur hidup kita sudah merasakan khasiat tertawa yang dapat mengurangi stress dan tekanan mental.betgitupun pada anak-anak, Namun dalam taraf yang normal.
5)      Mengkonsumsi ikan
Omega-3 yang banyak terkandung dalam ikan telah lama diketahui baik untuk jantung. Tapi penelitian terakhir mengungkapkan bahwa omega-3 juga baik untuk otak karena mereka membantu sistem sirkulasi yang memompa oksigen ke kepala anda dan meningkatkan fungsi membran yang mengelilingi sel otak. Orang yang banyak mengkonsumsi ikan atau omega-3 bisa memiliki keadaan mental dan kecerdasan yang lebih baik dan lebih tahan terhadap depresi. Menyantap hidangan ikan seperti salmon, sarden, mackerel, dan tuna setidaknya 3 kali dalam seminggu adalah awal yang baik.
6)      Menggali Ingatan
Lihatlah kembali album foto lama atau buku tahunan sekolah anda. Otak anda adalah sebuah mesin ingatan, jadi biarkanlah ia bekerja supaya tidak berkarat.
    
7)      Kurangi Lemak
Lemak dapat mengurangi aliran darah yang mengandung oksigen ke otak anda danmenghambat metabolisme dari glukosa yag merupakan “makanan” untuk otak. Anda masih boleh mendapatkan 30% dari kebutuhan kalori perhari anda dalam bentuk lemak dan jauhi makanan ringan yang banyak mengandung lemak.
8)      Bermain Teka-teki
Menyelesaikan teka-teki di waktu luang adalah cara yang baik untuk melatih otak anda dan menjaga kondisinya
9)      Efek Mozart
Frances Rauscher seorang psikolog di University of Wisconsin menemukan bahwa mendengarkan Mozart dapat meningkatkan kemampuan matematik dan ruang seseorang. Tetapi perlu diperingati bahwa tidak semua orang mengalami efek Mozart ini. Dan beberapa ahli juga mengatakan bahwa hal ini terjadi karena musik dapat membuat orang yangmendengarnya merasa nyaman dan rileks dan rangsangan yang serupa juga dapat menghasilkan efek yang sama. Bahkan ada satu penelitian yang menemukan bahwa dengan mendengarkan cerita maka otak kita juga akan semakin berkembang.
10)  Efek fisual
     Karena mata kita mampu menangkap 36.000 pesan- pesan visual dalam satu jam,otak anda punya kapasitas untuk menangkap visualisasinya satu persatu antara 80-90 % dari semua informasi yang diserap oleh otak kita adalah dalam bentuk visual.bahkan sebetulnya retina kita menyumbang sekitar 40% dari seluruh serat saraf yang terkoneksi dengan otak.
Jadi apa salahnya dalam mengoptimalisasikan perkembangan otak anak berikanlah anak stimulus dengan memberikan gambar-gambar,icon, karena Ketajaman visual merupakan hal yang sangat menonjol bagi sebagian anak. Alasaannya adalah bahwa dalam otak seseorang lebih banyak perangkat untuk memproses informasi visual daripada semua indra yang lain.
11. Jauhi Alkohol
    Penelitian pada tikus menemukan bahwa alcohol tidak hanya merusak otak tetapi juga mencegahnya untuk pulih kembali. Penelitian terhadap 3500 pria di Jepang menemukan bahwa mereka yang minum secara teratur (kira-kira sekali sehari) akan memiliki fungsi kognitifyang lebih baik ketika mereka bertambah tua jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum sama sekali. Tetapi bagaimanapun juga jika anda minum melebihi batas normal maka kemampuan memori dan reaksi anda akan semakin menurun.karena balita membutuhkan ASI untuk nutrisiny jika ibunya atau keluarganya menggunakan zat-zat serupa (perusak)seperti rokok ini juga dapat merusak otak anak apabila ia terkoneksi dengan hal-hal tersebut
12. Bermain
   Berikan  waktu anak untuk bermain..Bermain sangat bagus untuk jiwa dan otak anak. Dengan bermain maka otak anak akan diberikan kesempatan untuk berpikir secara strategis. Permainan pada anak usia dini adalah sama dengan bekerja pada anak-anak. Jadi  pahami dan stimuluslah anak-anak saat bermain anak menemukan informasi dan hal-hal baru sehingga sel-sel sarafnya apat terhubung dengan informasi yang ia dapat.

13. Hal Yang Dilakukan Sebelum Tidur
Melihat atau membacakan cerita dongeng  kisah  sehingga mendorong daya imajinasi anak sehingga anak terus mengeksplor kotaknya untuk terus beraktifitas.

14. Konsentrasi
Konsentrasi dapat meningkatkan kemampuan otak.karena dengan konsentrasi anak dapat berpikir dengan jernih dan rileks.

18. Belajar
Sebenarnya anak sedang mengembangkan potensi otak kita ketika kita menggunakannya untuk mempelajari hal-hal baru. Biasakan pikiran anak untuk terus belajar.dengan memberikan hal-hal baru yang membuatnya penasaran

20. Aroma Terapi
Hubungan langsung antara kelenjer penciumna dengan sistim saraf kita membentuk sebuah koneksi vital yang dapat memacu pembelajaran karena dapat mempengaruhi Susana hati, tingkat kegelisahan,ras lapar,takut,depresi,dan seksualitas.respon ini didapat karena kaitan antara kelenjer penciuman dengan sistim saraf anatomi cukup kuat.

21. Meningkatkan Kekuatan Otak
Dengan mengkonsumsi ginkgo biloba atau teh gotu kola. Ginkgo biloba telah dibuktikan dapat meningkatkan konsentrasi dan aliran darah ke otak.


 



SUMBER RUJUKAN :
·         Syaifuddin, Af.2010.Kekutan Pikiran.(tidak ada tempat penerbit).Milestone
·         Gunawan, Adi W.2004. Born to be a Genius.Jakarta : PT Gramedia pustaka utama.
·         Kholis, Nur.2011. Dongkrak kecerdasan otak anak usia emas. Yogyakarta : Real             books.
·         Hasan, Maimunah. 2009. PAUD ( pendidikan anak usia dini). Baguntapan Jogjakarta: DIVA press
·         Rachmawati,yeni.dkk.2010.strategi pengembangan kreativitas pada anak TK. Jakarta : kencana prenada media group
·         Depoter,bobie.1992.quantum learning .bandung : kaifa pt mizan pustaka
·         Wade,carole.2008.Psikologi.: Jakarta : erlangga
·         Santoso,rukky.2003.mengembangkan kemampuan otak kanan anak-anak. Jakarta : gramedia
·         Jensen.eric.2008.brain based learning.yogyakarta :pustaka belajar


0 komentar:

Posting Komentar