Optimalisasi
Otak Bagian Kiri Dan Bagian Kanan Sesuai Tahapan anak
A. Fungsi
otak kiri dan otak kanan.
Manusia memiliki dua belah otak besar
yang masing-masing mempunyai karakter yang berbeda-beda,namun dalam kenyataan
sehari-hari,dalam pendidikan formal dan dalam penanaman nilai moral dalam
masyarakat, kebanyakan orang seolah-olah hanya punya satu sisi paradigma yang
baku,yaitu rasional,logis dan matematis, atau yang menjadi karakter belahan
otak kiri,sedangkan untuk belahan otak kanan sering dianggap tidak penting
untuk diberikan stimulus yang baik dan benar sehingga sering diabaikan dalam mengoptimalisasikan
perkembangan otak, seperti music,cinta,budi pekerti,bahkan agama.
Dalam kehidupan kita tahu otak kiri
dan otak kanan haruslah seimbang agar lahir dan batiniah juga seimbang sehingga
kebahagiaan dalam kehidupan dapat kita temukan,begitupun dengan anak-anak ,
jangan kita sebagai calon pendidik hanya menitik beratkan kepintaran seorang
anak dari segi matematika dan sainsnya saja tetapi seni,budipekerti dan
nilai-nilai sosiaol diabaikan sehingga anak-anak yang pandai dibidang seni
dianggap biasa-biasa saja,padahal itu juga merupakan suatu kemampuan.
berkemungkinan ia memiliki kemampuan yang lebih dibidang seni mungkin agak
kurang dibidang matematis atau sebaliknya.karena kemampuan setiap manusia
berbeda-beda.
Mengoptimalkan fungsi otak adalah suatu keharusan jika
kita ingin mengeluarkan potensi diri kita semaksimal mungkin,dengan cara
memberikan stimulus yang dapat merangsang kerja otak, otak adalah organ yang
paling canggih dalam tubuh manusia yang selalu dinamis,salah satu kecanggihan
otak adalah mampu tumbuh dengan kecepatan tinggi saat masih bayi, sehingga
sampai pada tahap akhir dimana terbentuklah otak kiri dan otak kanan, yang
mempunyai kemampuan berbeda tetapi bekerja sama secara harmonis,selaras dan
saling berkomunikasi.
Right
brain functional
|
Left
brain functional
|
·
Insight
·
Imagination
·
Spiritualisme
·
Kesenian
(gambar,music,melukis dll)
·
Emosi, Feeling (Perasaan)
·
Pusat
visualisasi dan kreativitas
·
Body
control
·
Wholistic
(Menyeluruh)
·
Intuition (Faham tanpa berpikir)
·
Arts
/Motor Skill (Seni)
·
Rhythm (Irama)
·
Tune
of songs (Irama dalam lagu)
·
Non
Verbal (Tanpa perkataan)
·
Think
of Picture (Berpikir dengan gambar)
·
Holistic-intuitif
·
Perbedaanr
·
Tidak bergantung waktu
·
Spasial
global
·
Day
dreaming (Angan-angan)
·
Imagination (Imajinasi) dan difergen
|
·
Numeric
skill (kemampuan berhitung )
·
Spoken
language (kemampuan bicara )
·
Science
cavity skill
·
Body
control
·
Analysis
(Analisis)
·
Linear
(Garis)
·
Language
(Bahasa)
·
Word of Songs (Kata-kata dalam lagu)
·
Verbal
(Perkataan)
·
Facts
(Kenyataan)
·
Think
of Words (Berpikir dengan kata-kata)
·
Computation
(Perhitungan)
·
Logic ( Logika),anaalitis
·
Persamaan
·
Bergantung
waktu
·
segmental
·
Pikiran konvergen
|
Jadi,
sebenarnya manusia tidak bisa bila hanya menggunakan suatu belahan otak saja
pada saat berfikir atau mengerjakan sesuatu.Untuk bisa mencapai hasil
pembelajaran yang maksimal, kita harus mengoptimalkan penggunaan kedua belahan
otak kita, yaitu otak kiri dan kanan secara bersamaan.
Semua individu menggunakan kedua belahan otak secara
bersamaan dan bergantian dalam kehidupan sehari-hari dan dalam membuat
keputusan,namun
demikian ada dua jenis individu yang berbeda pola
fikir dan perasaannya,yang pertama adalah individu yang cendrung lebih
banyakmenggunakan pola otak kiri dan individu yang cendrung lebih banyak
menggunakan otak bagian kanan.
Contohnya adalah kemampuan matematika tidak hanya
melibatkan area-area dilobus frontal kiri,namun juga area lobus parietal kiri
dan kanan,lobus parietal kiri diperlukan untuk menghitung jumlah yang pasti
dengan menggunakan bahasa (2 dikali 5 sama dengan 10 ).lobus parietal kanan
diperlukan untuk melakukan pembayangan secara visual seperti 2 permen untuk 5
orang anak jadi dalam pembuatan grafik,garis angka,menghitung secara kuantistas
atau besarnya jarak, dua dikali lima lebih besar dari dua dikali Sembilan.
Pengoptimalisasian otak kiri dan otak akan akan
semakin berkembang dengan bekerja saling terintegratif adalah perlu untuk
menstimulasi :
·
korpus
kolosum yang menjadi jembatan antara
kedua belahan yang terdiri dari jaras saraf berjumlah sekitar 300 juta.
·
Komisur
hipokamus : yang menghubungkan kedua belah sistim limbic yang berfungsi sebagai
pusat emosi
Dengan kedua belahan otak dapat saling
bekerja,berkonsultasi dan berkomunikasi.
B. Mengoptimalisasikan
otak kanan
Seperti yang bisa kita lihat dari
fungsi otak bagian kanan,dengan mengetahui hal itu kita sebagai calon pendidik
atau orang tua perlu memberikan stimulus-stimulus yang dapat merangsang
perkembangan otak kanan anak,dapat yang dapat dilakukan adalah :
1.
Menggunakan Musik
Musik tentunya adalah Sesutu yang dekat dengan kehidupan manusia. Music merupakan
ekspresi perasaan manusia, sehingga biasanya manusia menyukai music karena hal
seperti itu mereflksikan perasaannya, dan hal itu membuat manusia menjadi
senang,dan nyaman. Hal inilah yang mugkin membuat manusia menyukai music dan
menjadikan music bagai dari hidupnya.
Music menimbulkn emosi positif bagi kita dan anak yang membuat
otak kita lebih efektif. Emosi yang positif
mendorong kearah kekuatan otak, yang berujung kepada keberhasilan,
sehingga anak memperoleh kehormatan diri yang lebih tinggi, yang membuat emosi
menjadi lebih positif.
Kita contoh saja dalam belajar anak, anak dapat erfikir sambil
mendengarkan music yang memmang disukai. Dengan mendengarkan music membuat ank
merasa senang,relaks sehingga merangsang fungsi belahan otak kanan,yang akan
membantu dalam proses belajara yang menggunakan belahan otak kiri.
2.
Menggerakkan kedua bagian
tubuh dengan sama baiknya.
Agar otak anak dapat berfugsi secara optimal dalam arti kta
mengfungsikan kedua belah otak tersebut, maka penting sekali untuk menjagarkan
anak menggerakkan kedua bagian tubuhnya dengan sama baiknya. Misalnya tidak
selalu menulis dengan tangan kanan,dan sama sekali tidak memberikan latihan
pada tangan kiri untuk beraktivitas.
Menggerakkan seluruh anggota tubuh baik pada bagian kanan,maupun
pada bagian kiri akan terasa mudah apabila itu dilakuka konteks dalam
berolahraga untuk anak. Senam misalnya, merangsan seluruh bagian tubuh untuk
bergerak dan hal baik untuk otak karena merangsang berfungsinya kedua belah
otak baik otak kiri,maupun otak kanan.
3.
Kondisi yang nyaman untuk
anak.
Dengan menciptakan kondisi yang nyaman,relaks sehingga otak dapat
bekerja secara lepas dan bebas.yaitu berupa pemberian pemberian lingkungan psikologis yang baik seperti
:
Keamanan psikologis berupa
:
a.
Orang
tua atau guru berperan sebagai fasilitator yaitu menfasilitasi proses
pembelajaran yang berlangsung di kelas maupun dirumah . Dalam hal ini, peserta
didik harus berperan aktif dan bertanggung jawab terhadap hasil pembelajaran.
Karena sebagai fasilitator, maka posisi peserta didik dan pendidik adalah sama.
b.
Menerima individu sebagaimana adanya dengan segala
kelabihan dan keterbatasannya.
c.
Mengusahakan suasana didalamnya tidak mengandung efek
mengancam Evaluasi selalu mengandung efek mengancam yang menimbulkan kebutuhan
akan pertahanan ego.dan suasana pembelajaran seaman dan seindah mungkin
sehingga anak betah belajar.
d.
Memberikan
pengertian secara empatis yaitu Dapat menghayati perasaan-perasaan anak,
pemikiran-pemikirannya, dapat melihat dari sudut pandang anak dan dapat
menenrimanya, dapat memberikan rasa aman.
Kebebasan
psikologis
Apabila guru mengijinkan atau memberi kebebasan
kepada anak untuk mengekspresikan secara simbolis (melalui sajak atau gambar)
pikiran atau perasaannya. Ini berarti mebrei kebebasan dalam berfikir atau merasa
apa yang ada dalam dirinya
4.
Olahraga
Olahraga merupakan alternative yang sangat baik. Karena olahraga
membuat fisik anak, lebih sehat dan dengan berlahraga anak dapat membiasakan
menggerakan seluruh anggota badan anak baik, bagian kiri,maupun bagian kanan
dengan kecepatan tinggi.
5.
Merangsang
kemampuan mengontrol diri dan melatih stabilitas emosi anak,
misalnya dengan memberikan pengertian pada anak
saat keinginannya ditolak atau gagal mencapai sesuatu, dengan demikian anak
belajar mentoleransi dan beradaptasi dengan rasa kecewa.
6.
Mengajak
anak melakukan permainan yang membutuhkan banyak gerak fisik,
misalnya : bersepeda, kejar-kejaran, berenang dll,
agar anak terlatih menggerakkan anggota badannya secara tepat dan terarah.
7.
Melatih
kepekaan rasa makanan dan memilih makanan yang paling disukai/kurang disukai.
Orang tua juga dapat mengajak anak bersama-sama
menyiapkan makanannya. Semakin banyak anak mengenal rasa, jenis dan manfaat
makanan, maka anak akan semakin kreatif dan mampu beradaptasi dengan berbagai
cita rasa makanan.
C. Mengoptimalisasikan
otak bagian kiri
Karena otak bagian kiri lebih dititik beratkan kepada
hal-hal matematis dan sains maka cara mengoptimalisasikan otak bagian ini
adalah :
a. Meminta anak mengulang kata-kata
baru ( verbal),
kemudian lakukan tanya jawab. Dengan demikian anak dibiasakan untuk berpikir
dan mengingat apa yang baru dipelajarinya.
b. Berikan
permainan yang bersifat matematis atau sains, berupa pazzel, bermain dengan
balok,menuang pasir air dll.sehingga membantu dia untuk menganalisa.
c. Sesekali orang tua
membaca dan anak mendengarkan, kemudian anak ditanyai tentang materi yang baru
didengarnya, untuk membiasakan anak memahami hal-hal yang didengarnya dengan
cepat.sehingga mengaju anak untuk spoken
language atau kemampuan bicara
d. Bermain tebak-tebakan
bentuk atau warna sambil makan atau menonton televisi, sehingga anak bisa
belajar dalam suasana gembira.
e. Mengajak anak bermain
dan mengamati, lalu ajak berbincang-bincang mulai dari masalah yang sederhana
sampai yang rumit, misalnya mulai mengamati gunung, mengapa gunung tampak biru
dari kejauhan, atau mengamati mengapa kapal laut akan hilang dari pandangan
saat semakin jauh dari pantai, dsb.sehingga kemampuan analisa dan logikanya berkembang
Jadi,jika
ingin mengoptimalkan otak kiri dan otak bagian kanan maka berikanlah stimulus
diatas secara seimbang agar perkembangan otak bagian kiri dan bagian kanan
dapat seimbang contoh : dalam pembelajran anak sedang berkonsentrasi dalam
pembelajaran berhitung agar relaks ajak anak untuk melakukan gerakan braingym
dan gerakan senam lainnya,atau ajak untuk mendengarkan music,puisi dal lainnya.
D.
Peran
gizi,nutrisi,istirahat,dan focus untuk pengoptimalisasian otak anak.
·
Peran
gizi bagi pengoptimalisasian otak anak
Pertumbuhan
otak paling cepat terjadi pada saat janin berusia 30 minggu sampai bayi berusia
18 bulan(disebut fase cepat tumbuh otak).Ketika lahir jumlah sel otak sudah
mencapai 66% dan beratnya mencapai 27%. Gizi yang penting bagi kesehatan anak
adalah asam lemak yang bersama dengan kolestrol membentuk 75% pembungkus saraf
otak. Beberapa jenis mineral juga diketahui bermanfaat untuk perkembangan otak
misalnya seng dan besi.
Kekurangan
zat besi pada anak menyebabkan anak kurang responsif dan kurang inisiatif
sehingga mengganggu kecerdasan anak. Sumber seng terutama terdapat pada makanan
dari laut, sedangkan besi terdapat pada makanan dari hewani seperti daging dan
hati.
Kedua
jenis mineral ini daya serapnya rendah, sehingga bila pola makanan kurang baik perlu suplemen
luar.
Keadaan gizi kurang atau lebih pada anak
mengakibatkan pertumbuhan yang menyimpang dari standar normal. Hal ini terlihat
dengan jelas pada berat badan anak.
·
Nutrisi
kecerdasan otak untuk anak
Agar
sikecil tumbuh sehat dan cerdas, maka kebutuhan yang diperlukan antara lain:
a) ASI
ASI
terbukti mengandung asam lemak yang dibutuhkan otak untuk bisa berkembang. IQ
bayi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak diberikan ASI. Pada saat
anak diberikan makanan padat, kebutuhan asam lemat itu bisa dipenuhi dengan
memberikan ikan, telur bebek, susu yang diperkaya DHA dan ARA ,atau minyak
jagung.
b) Karbohidrat
adalah bahan bakar otak glukosa
Merupakan
bahan bakar otak yang amat penting agar
otak berfungsi optimal. Proses pengolahan informasi dan mengingat dapat
berjalan dengan baik karena terpenuhinya kebutuhan glukosa otak tersebut. Ini
semua bisa bidapatkan dengan memberikan anak berbagai jenis kacang-kacangan,
kentang, pisang, sawo, singkong,dll.
c) Protein
pembentuk Neurotransmiter
Pembentuknya
adalah Senyawa asam amino yang berperan terhadap proses pengolahan informasi di
otak.
d) Jus
apokat dan susu
Apokat
kaya akan kandungan B Kompleks yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat
anak. Buah ini juga mengandung vitamin A, C, E yang dapat melindungi sel-sel
otak dari kerusakan akibat radikal bebas.
e) Jus Stoberi kaya akan vitamin C
yang
dapat membantu mengembangkan saraf-saraf
pengirim pesan ke otak.Dengan mengkonsumsi stroberi secara teratur akan
membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.
·
Istirahat
bagi otak
Sama
seperti organ tubuh lainnya, otak membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk
bisa beroperasi secara optimal. Itulah sebabnya pelajar yang menggunakan cara SKS
(Sistem kebut semalam) tidak akan bisa mencapai hasil pembelajaran yang
maksimal karena kondisi otak yang sangat lelah.
Waktu
tidur sangat bergantung pada usia.Rata-rata bayi atau anak kecil tidur selama
14 jam dalam sehari.
·
Rentang
fokus yang optimal
Otak
kita tidak dapat dipaksa untuk melakukan fokus dalam waktu yang lama, contohnya
untuk anak usia 5 tahun rentang fokus yang bisa dilakukannya hanya 5 menit.
Untuk orang dewasa yang berusia 24 tahun, maka fokus optimalnya 24 menit, jadi
agar otak dapat bekerja secara optimal maka diperlukan istirahat misalnya dengan mendengarkan musik,
jalan-jalan,agar otak mendapatkan penyegaran secara maksimal.
Adapun
tahapan perkembangan kemampuan balita usia 1 hingga 3 tahun di antaranya adalah
sebagai berikut:
1. Pada
usia 13-15 bulan, balita sudah berminat pada gambar, mengambil mainan sendiri,
berceloteh dan mampu meniru kegiatan orang lain.
2. Pada
usia 16-18 bulan, balita bisa mengucapkan kata-kata yang lebih banyak,
menemukan mainan yang disembunyikan, dan mengerti fungsi benda.
3. Pada
usia 19-24 bulan, balita sudah memahami konsep sederhana bentuk benda ( seperti
segitiga dan persegi), menyebut nama sendiri, serta mengucapkan satu kalimat.
4. Pada
usia 2-3 tahun, balita sudah dapat mencocokkan bentuk, membangun dan menghubungkan
balok, berpakaian sendiri, dan semakin memahami kata-kata orang lain.
Kemampuan
ini harus di optimalkan dengan cara stimulasi. Stimulasi akan mempengaruhi
pertumbuhan sinaps (proses sinaptogenesis) dan membutuhkan banyak sialic acid
untuk membentuk gangliosida. Hal ini penting untuk kecepatan proses
pembelajaran dan memori. Kebutuhan stimulasi bermain meliputi berbagai
permainan yang merangsang semua indra (pendengaran, penglihatan, sentuhan,
memau, mengecap),merangsang gerakan kasar dan halus, berkomunikasi,
emosi-sosial, kemandirian, berpikir, dan berkreasi. Kebutuhan stimulasi bermain
sejak dini akan besar pengaruhnya pada berbagai kecerdasan anak (multiple
intelegensi).
Selain
stimulasi, nutrisi juga merupakan factor yang penting. Dengan nutrisi yang
lengkap dan seimbang sejak di dalam kandungan sampai umur 3 tahun, maka akan
semakin banyak jumlah sel-sel otak bayi, semakin bagus kualitas percabangan
sel-sel otak, dan semakin bagus fungsi hubungan sinaps antara sel-sel otak bayi
dan balita. Salah satu nutrisi yang penting bagi perkembangan otak adalah asam
amino. Asam amino akan membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsang (zat
neurotransmitter) pada sambungan sel saraf.
E.
Melatih
kemampuan koordinasi otak anak
Berapapun
usia seorang anak , bisa mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan kesuksesan
mereka dalam kehidupan. Dengan mengajari aktivitas yang berkontribusi untuk
perkembangan otak mereka, orang tua dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk
menjadi sukses dalam hidup. Dengan demikian, anak-anak akan mendapatkan banyak
kesempatan untuk meraih keberhasilan, sehingga mereka menjadi percaya diri,
positif dan optimis.
Salah
satu cara mendorong perkembangan otak anak adalah dengan melatih kemampuan
koordinasi otak kiri dan otak kanan mereka. Banyak penelitian yang menemukan
bahwa otak kiri manusia bertanggung jawab untuk hal-hal yang sangat berbeda
dengan otak kanan. Penelitian membuktikan bahwa pada setiap orang, hanya satu
dari kedua belahan otak ini yang memegang peranan dominan. Telah berulang kali
disebutkan bahwa otak kiri adalah otak yang menganalisis, bertanggung jawab
untuk pengukuran, logika, matematika. Adapun, otak kanan bertanggung jawab
untuk kreativitas, seni, intuisi, dan penggunaan kata-kata . penelitian ini
juga menunjukkan bahwa sangatlah penting untuk meningkatkan komunikasi atau
hubungan di antara dua belahan otak ini. Jika kita melakukan hal ini, kita
melakukan fungsi otak kita.
Aktivitas
yang telah terbukti meningkatkan hubungan belahan otak adalah aktivitas yang menggunakan
kedua bagian tubuh secara bersamaan. Pola bersilang yang kita gunakan saat
berjalan atau berenang dan bayi gunakan ketika merangkak, mengembangkan dan
menguatkan hubungan diantara belahan otak.
Cara
Meningkatkan Kinerja Otak Kanan dan Otak Kiri.
Otak kita adalah sebuah superkomputer seberat 1,5 kg. Sebagai pusat kontrol yang mengendalikan hidup anda, otaklah yang menentukan bagaimana cara anda berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. Otak anda jauh lebih rumit dari komputer apapun dengan 100 juta milyar sel otak yang saling berhubungan satu sama lain.
Otak kita adalah sebuah superkomputer seberat 1,5 kg. Sebagai pusat kontrol yang mengendalikan hidup anda, otaklah yang menentukan bagaimana cara anda berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. Otak anda jauh lebih rumit dari komputer apapun dengan 100 juta milyar sel otak yang saling berhubungan satu sama lain.
Otak manusia mulai bekerja saat berfikir atau menerima stimulus sesuatu
dimana itu ditangkap oleh pancaindra yang kemudian merangsang saraf untuk
menghubungkannya dengan bagian penyimpanan memori ddiotak kita,keinginan yang
terkumpul dan terakumulasi disebut dengan fikiran,pikiran ini kemusian memberi
komando pada bagian-bagian tubuh motorik untuk menyatakan diri,mereleasasikan
diri,dan eksisis dalam aktivitas kehidupan, dan berlanjut terus menerus setiap
detik tanpa henti.Mengoptimalkan fungsi otak adalah suatu keharusan agar anak mengeluarkan
potensi dirinya
semaksimal mungkin. Dan sementara anak
berolahraga, seringkali latihan mental menjadi terlupakan. latihan mental
memiliki efek positif dan global pada otak anak. Dan cara untuk melakukannya :
1)
Berlari untuk Sel Otak
Para
peneliti mengatakan bahwa orang yang melakukan banyak latihan fisik mungkin
memiliki otak yang lebih baik. Peneliti di Salk Institute menemukan bahwa tikus
yang suka berlari pada roda latihan mengalami pertumbuhan sel-sel baru dua kali
lebih banyak pada otak daerah memori dan belajar. Para peneliti belum yakin
dengan penyebabnya tetapi ada kemungkinan bahwa hal ini dikarenakan oleh
latihan fisik yang tidak dipaksakan. Yang artinya, dengan menemukan cara untuk
menikmati olahraga daripada terpaksa melakukannya dapat membuat anak menjadi lebih pintar juga. Jadi lakukanlah olahraga yang digemari,
lari pagi dengan musik atau fitness ringan untuk anak AUD untuk lebih menyegarkan otaknya.
2)
Mencoba Hal Baru
Pakar
neurobiology dari Duke University, professor Lawrence C. Katz, Ph.D mengatakan
bahwa menemukan cara baru dalam berpikir dan mencoba berbagai hal baru dapat
meningkatkan fungsi dari daerah otak yang kurang aktif. Ini didapatkan anak-anak melalui permainan yang ia lakukan setiap hari
sehingga hal ini menurut sebagian peneliti dapat menghubungkan sel saraf yang
belum tersambung.
3)
Bertanya
Biasanya anak-anak sangat aktif dalam bertanya.kita dapat menstimulusnya dengan memberikan hal-hal baru pada anak.
Dimana Otak anak menjadi terlatih dengan
mencoba mencari solusi dan otak
akan lebih aktif.
4)
Tertawa
Peneliti
mengatakan bahwa tertawa baik untuk kesehatan. Tanpa peneliti harus
memberitahu, seumur hidup kita sudah merasakan khasiat tertawa yang dapat
mengurangi stress dan tekanan
mental.betgitupun pada anak-anak, Namun dalam taraf yang normal.
5)
Mengkonsumsi
ikan
Omega-3
yang banyak terkandung dalam ikan telah lama diketahui baik untuk jantung. Tapi
penelitian terakhir mengungkapkan bahwa omega-3 juga baik untuk otak karena
mereka membantu sistem sirkulasi yang memompa oksigen ke kepala anda dan
meningkatkan fungsi membran yang mengelilingi sel otak. Orang yang banyak
mengkonsumsi ikan atau omega-3 bisa memiliki keadaan mental dan kecerdasan yang
lebih baik dan lebih tahan terhadap depresi. Menyantap hidangan ikan seperti
salmon, sarden, mackerel, dan tuna setidaknya 3 kali dalam seminggu adalah awal
yang baik.
6)
Menggali Ingatan
Lihatlah
kembali album foto lama atau buku tahunan sekolah anda. Otak anda adalah sebuah
mesin ingatan, jadi biarkanlah ia bekerja supaya tidak berkarat.
7)
Kurangi Lemak
Lemak dapat
mengurangi aliran darah yang mengandung oksigen ke otak anda danmenghambat
metabolisme dari glukosa yag merupakan “makanan” untuk otak. Anda masih boleh
mendapatkan 30% dari kebutuhan kalori perhari anda dalam bentuk lemak dan jauhi
makanan ringan yang banyak mengandung lemak.
8)
Bermain Teka-teki
Menyelesaikan
teka-teki di waktu luang adalah cara yang baik untuk melatih otak anda dan menjaga
kondisinya
9)
Efek Mozart
Frances
Rauscher seorang psikolog di University of Wisconsin menemukan bahwa
mendengarkan Mozart dapat meningkatkan kemampuan matematik dan ruang seseorang.
Tetapi perlu diperingati bahwa tidak semua orang mengalami efek Mozart ini. Dan
beberapa ahli juga mengatakan bahwa hal ini terjadi karena musik dapat membuat
orang yangmendengarnya merasa nyaman dan rileks dan rangsangan yang serupa juga
dapat menghasilkan efek yang sama. Bahkan ada satu penelitian yang menemukan
bahwa dengan mendengarkan cerita maka otak kita juga akan semakin berkembang.
10)
Efek
fisual
Karena mata kita mampu menangkap 36.000 pesan- pesan
visual dalam satu jam,otak anda punya kapasitas untuk menangkap visualisasinya
satu persatu antara 80-90 % dari semua informasi yang diserap oleh otak kita
adalah dalam bentuk visual.bahkan sebetulnya retina kita menyumbang sekitar 40%
dari seluruh serat saraf yang terkoneksi dengan otak.
Jadi apa salahnya dalam mengoptimalisasikan
perkembangan otak anak berikanlah anak stimulus dengan memberikan
gambar-gambar,icon, karena Ketajaman
visual merupakan hal yang sangat menonjol bagi sebagian anak. Alasaannya adalah
bahwa dalam otak seseorang lebih banyak perangkat untuk memproses informasi
visual daripada semua indra yang lain.
11. Jauhi
Alkohol
Penelitian
pada tikus menemukan bahwa alcohol tidak hanya merusak otak tetapi juga
mencegahnya untuk pulih kembali. Penelitian terhadap 3500 pria di Jepang
menemukan bahwa mereka yang minum secara teratur (kira-kira sekali sehari) akan
memiliki fungsi kognitifyang lebih baik ketika mereka bertambah tua jika
dibandingkan dengan mereka yang tidak minum sama sekali. Tetapi bagaimanapun
juga jika anda minum melebihi batas normal maka kemampuan memori dan reaksi
anda akan semakin menurun.karena
balita membutuhkan ASI untuk nutrisiny jika ibunya atau keluarganya menggunakan
zat-zat serupa (perusak)seperti rokok ini juga dapat merusak otak anak apabila
ia terkoneksi dengan hal-hal tersebut
12.
Bermain
Berikan waktu anak untuk bermain..Bermain sangat bagus untuk jiwa dan otak anak. Dengan bermain maka otak anak akan
diberikan kesempatan untuk berpikir secara strategis. Permainan pada anak usia dini adalah sama dengan
bekerja pada anak-anak. Jadi pahami dan
stimuluslah anak-anak saat bermain anak menemukan informasi dan hal-hal baru
sehingga sel-sel sarafnya apat terhubung dengan informasi yang ia dapat.
13. Hal
Yang Dilakukan Sebelum Tidur
Melihat
atau membacakan cerita dongeng kisah sehingga
mendorong daya imajinasi anak sehingga anak terus mengeksplor kotaknya untuk
terus beraktifitas.
14. Konsentrasi
14. Konsentrasi
Konsentrasi
dapat meningkatkan kemampuan otak.karena
dengan konsentrasi anak dapat berpikir dengan jernih dan rileks.
18. Belajar
Sebenarnya
anak sedang mengembangkan potensi otak
kita ketika kita menggunakannya untuk mempelajari hal-hal baru. Biasakan pikiran
anak untuk terus belajar.dengan memberikan hal-hal baru yang membuatnya penasaran
20. Aroma Terapi
Hubungan
langsung antara
kelenjer penciumna dengan sistim saraf kita membentuk sebuah koneksi vital yang
dapat memacu pembelajaran karena dapat mempengaruhi Susana hati, tingkat
kegelisahan,ras lapar,takut,depresi,dan seksualitas.respon ini didapat karena
kaitan antara kelenjer penciuman dengan sistim saraf anatomi cukup kuat.
21. Meningkatkan Kekuatan Otak
SUMBER
RUJUKAN :
·
Syaifuddin, Af.2010.Kekutan Pikiran.(tidak ada tempat penerbit).Milestone
·
Gunawan, Adi W.2004. Born to be a Genius.Jakarta : PT
Gramedia pustaka utama.
·
Kholis, Nur.2011. Dongkrak kecerdasan otak anak usia emas. Yogyakarta : Real books.
·
Hasan, Maimunah. 2009. PAUD ( pendidikan anak usia dini).
Baguntapan Jogjakarta: DIVA press
·
Rachmawati,yeni.dkk.2010.strategi pengembangan kreativitas pada anak
TK. Jakarta : kencana prenada media group
·
Depoter,bobie.1992.quantum learning .bandung : kaifa pt
mizan pustaka
·
Wade,carole.2008.Psikologi.: Jakarta : erlangga
·
Santoso,rukky.2003.mengembangkan kemampuan otak kanan anak-anak.
Jakarta : gramedia
·
Jensen.eric.2008.brain based learning.yogyakarta :pustaka
belajar
0 komentar:
Posting Komentar